Si Teman Nyambi


Haaihoo, minggu ini kita dapat penjelasan menarik nih dari teman-teman kita mengenai radio jadii, sekarang kita akan berbagi lagi ke kalian info menarik mengenai radio..

Nah teman-teman radio adalah adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). 
Awalnya perkembangan radio bermula saat seorang ahli teori ilmu alam yang bernama James Maxwell, ia berhasil menemukan rumus yang diduga dapat mewujudkan gelombang elektromagnetis, yaitu gelombang yang digunakan untuk kgelombang radio dan televisi (1865). Berdasarkan teorinya bahwa gerakan magnetis dapat mengarungi ruang angkasa dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya (186.000 mil/detik). 

Teori Maxwell ini dibuktikan oleh Heinrich Hertz pada tahun 1884. Tetapi baru digunakan untuk tujuan praktis oleh Gugliemo Marconi. Marconi bisa mengirimkan tanda-tanda tanpa kawat melintasi samudra Atlantik, ia terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio". Marconi terkenal dengan penemu radio, namun hal yang paling penting adalah teorinya tentang gelombang elektromagnetik yang dapat mengirimkan sesuatu tanpa kawat penghantar atau disebut pula dengan gelombang radio. Penemuan Marconi tentang radio bermanfaat untuk pengiriman berita, hiburan, keperluan militer, penyelidikan ilmiah, tugas-tugas kepolisian, dan lain-lain. penggunaan radio begitu luar biasa sehingga penggunaannya bisa mencapai mobil, kapal di lautan, pesawat yang sedang mengudara, bahkan pesawat ruang angkasa. 

Radio sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan media lainya misalnya , Bisa melakukan aktivitas apapun sambil mendengarkan radio, ada Theater of mind  (membayangkan atau mengimajinasikan apa yang telah kita dengar. Ex: membayangkan bahwa penyiarnya seseorang yang cantik dll). Namun seiring berkembangnya waktu masyarakat mulai meninggalkan penggunaan radio karena mereka mulai beralih ke layanan streaming gratis seperti spotify, joox (perkembangan teknologi).Radio sendiri memiliki format tersendiri yaitu ada News,Talk, Music, Ethnic, Religious, Sport, Collage, Health, Oldies Contemporary Hradio seperti top 40 (ini disebut sebagai konten utama radio). 

Sayangnya, pendengar radio mulai menurun nih teman-teman jadi pihak pengelola radio harus lebih kreatif lagi untuk bisa mempertahankan eksistensi radio. Ada berbagai strategi yang bisa dilakukan radio agar tetap bertahan misalnya saja agar tetap bertahan radio menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan menyesuaikan pendengarnya yang sudah banyak menggunakan sosial media, contoh MMTC mengubah cara siarannya dan program siarannya menjadi lebih interaktif sesuai dengan anak muda sekarang, mempromosikan radionya dari OA (official acount) Line dan instagram, membagikan voucher-voucher seperti voucher nonton film, makan, dll. Sedangkan strategi yang dilakukan jika pendengarnya bukan anak muda adalah dengan cara mempertahankan eksistensinya dengan memberi informasi-informasi ter-uptodate. Contoh radio non anak muda sendiri ada RRI (Radio Rakyat Indonesia).


Quizlet Radio


1. Definisi radio adalah..
Komunikasi atau proses penyampaian informasi melalui gelombang frekuensi.

2. Bagaimana cara radio agar bisa bertahan sampai saat ini?
Agar tetap bertahan radio harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan menyesuaikan pendengarnya yang sudah banyak menggunakan sosial media. Contohnya berdasarkan wawancara kelompok 2 dengan radio MMTC mereka mengubah cara siaran dan program siarannya menjadi lebih interaktif sesuai dengan anak muda sekarang, mempromosikan radionya dri official account Line dan instagram, membagikan voucher-voucher seperti voucher nonton film dll.

3. Penyebab menurunnya pendengar radio selain generasi Z
Masyarakat mulai memilih untuk menggunakan layanan streaming gratis seperti spotify

4. Apakah kelebihan radio dari media lainnya?
1.       Bisa melakukan aktivitas apapun sambil mendengarkan radio
2.       Theater of mind, kita bisa mendengar teater di dalam otak kita (membayangkan atau mengimajinasikan apa yang telah kita dengar. Ex: membayangkan bahwa penyiar cantik dll)

5. Kenapa radio komunitas sepi pendengar?
Karena bukan radio yang punya frekuensi sendiri jadi tidak semua orang bisa mendengarkan, jika mau mendengarkan harus streaming terlebih dahulu. Padahal streaming mempunyai banyak hambatan seperti signal, tidak ada kuota dll.

6. Apa yang dimaksud dengan format radio?
Format radio adalah program acuan dalam siaran radio.

7. Apa saja format radio itu?
a)       News
b)      Talk
c)       Music
d)      Ethnic
e)      Religious
f)        Sport
g)       Collage
h)      Contemporary
i)        Health

      8. Apa fungsi iklan dalam radio?
Iklan berfungsi sebagai sumber pendapatan terutama bagi radio swasta.

9. Apa yang dimaksud dengan AM?
AM merupakan singkatan dari amplitude modulation yang menggunakan prinsip kerja modulasi gelombang radio dan audio

10. Apa yang dimaksud dengan FM?
FM adalah singkatan dari Frequency Modulation yang memodulasi gelombang radio dan audio.

11. Apa peran Heinrich Hertz?
Beliau berhasil mengirim dan mendeteksi gelombang radio.

12. Siapa penemu radio?
Gugliemo Marcony

13. Gelombang radio adalah
Suatu gelombang yang mempunyai frekuensi paling kecil / panjang gelombang paling panjang. Gelombang radio ada dalam rentang frekuensi yang luas meliputi beberapa Hz sampai gigahertz (GHz / orde pangkat 9). Atau penjelasan singkatnya merupakan suatu bentuk radiasi elektromagnetik (electromagnetic radiation) yang tidak terlihat.

14. Siapakah David E. Huhes?
David E. Huhes adalah peneliti yang mengembangkan konsep elektromagnetik pada tahun 1878. Mulai dari David E. Huhes, banyak peneliti yang akhirnya meneliti mengenai radio. 

15. Bagaimana cara kerja radio?
Gelombang radio dibawa oleh atau dipancarkan oleh gelombang pembawa, gelombang radio dipantulkan oleh lapisan udara dibagian atmosphere bumi, tepatnya pada lapisan ionosfer. Pada lapisan inilah gelombang radio dipantulkan kembali ke bumi dan ditangkap oleh menara penerima sinyal.

16. Jelaskan fungsi radio sebagai Media Perdamaian.
1.       Berorientasi pada pencapaian “win-win solution” (sama sama menguntungkan).
2.       Berempati & menyuarakan semua pihak, melihat konflik sebagai masalah dan proaktif untuk pencegahan lanjutan serta fokus pada dampak yang tak terlihat
3.       Membeberkan ketidakbenaran dari semua sisi dan mengungkap yang ditutup-tutupi.
4.       Fokus pada orang-orang yang membawa perdamaian serta menyoroti prakarsa-prakarsa perdamaian.

      17. Jelaskan fungsi radio sebagai Media Monitoring Pembangunan Partisipatif oleh Masyarakat
1.       Meliput pelaksanaan suatu proyek pembangunan.
2.       Mengumpulkan bahan/dokumen yang terkait dengan proyek pembangunan.
3.       Mengadakan diskusi baik on air maupun off air.

3    18. Jelaskan fungsi radio sebagai Media Pendidikan.
1.       Mengumpulkan bahan atau paket pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
2.       Menyiarkan paket-paket pendidikan tersebut.
3.       Mengadakan acara interaktif, tanya jawab atau diskusi, baik on air maupun off air.

4   19. Jelaskan fungsi radio sebagai Media Informasi dan Komunikasi
1.       Melakukan reportase ke dalam komunitas.
2.       Mengumpulkan bahan dari luar komunitas.
3.       Membacakan berita dan informasi dari pihak lain ke pihak sasaran yang dimaksud.

5  20. Jelaskan fungsi radio sebagai Media Hiburan.
1.       Mengumpulkan lagu-lagu, dongeng, kuis dan paket hiburan lainnya.
2.       Menyiarkan paket paket hiburan tersebut. Mengadakan acara off air, seperti panggung musik.

Sumber:

  1. N, Sora. 2018. Definisi Atau Pengertian Radio Dan Gelombang Radio. Diakses dari: http://www.pengertianku.net/2014/10/definisi-atau-pengertian-radio-dan-gelombang-radio.html pada 3 Maret 2018
  2. Ibrahim, Adzikra. 2015. Pengertian Radio Secara Umum dan Cara Kerja Radio. Diakses dari: https://pengertiandefinisi.com/pengertian-radio-secara-umum-dan-cara-kerja-radio/ pada 3 Maret 2018
  3. Dominick, R. Joseph. 2002. The Dynamics of Mass Communication. New York San Francisco: McGraw-Hill Higher Education.
  4. Presentasi Kelompok 2 "Radio"


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

MEDIA DAN BUDAYA

Pemahaman Literasi Digital