Internet

Hai sahabat gemes (Generasi Media Sosial)
Pasti rindu ya sama kita, hahaha :)
Nah kali ini kami akan kasih info ke kalian tentang internet. Siapa sih di dunia ini yang ga kenal internet? Pasti ga ada kan. Nah biar wawasan sahabat gemes semakin luas, kami mau kasih kalian seputar info mengenai internet. Pasti kalian ga sabar ya, langsung aja ini dia.




   Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.

   World Wide Web (WWW) merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk seluruh bagian internet yang dapat diakses pengguna melalui web browser (
Internet Explorer, Google Chrome, Opera, Mozilla, dll). WWW terdiri dari milyaran situs web, dan setiap situs web pun memiliki cukup banyak halaman web.

   Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia. Dimulai dari koneksi internet pertama di Indonesia dilakukan di bidang akademis yang awalnya adalah proyek penelitian dari para peneliti di Universitas Indonesia. Joseph Luhukay tercatat sebagai orang yang melakukan koneksi pertama internet di Indonesia pada tahun 1983 yang mengembangkan jaringan UINet (University of Indonesia Network). Indonesia tercatat sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan jaringan internet global yang bernama UUNet pada tahun 1984. Onno Purbo dicatat sebagai orang yang berpengaruh dalam pengembangan jaringan internet di Indonesia.Selanjutnya perkembangan internet yang awalnya hanya sebagai penelitian kemudian berubah menjadi komersil ketika PT Indo Internet (Indonet) berdiri sebagai Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia pada September 1944.Faktor penting yang membuat internet dapat tersebar luas adalah merebaknya warnet atau warung internet pada tahun 1996. Lalu sampai sekarang, akses internet di Indonesia semakin berkembang dengan seiringnya waktu.

   Ada beberapa jenis email yang saat ini digunakan diantaranya pop mail, web mail dan forward mail:
  1. Pop Mail adalah Email yang hanya dapat diterima dari Internet Service Provider yang digunakan. Jenis mail ini dapat dibaca secara offline tetapi tidak bisa diakses disembarang tempat dan hanya bisa diakses dari rumah atau kantor dengan koneksi internet tersebut.
  2. Forward Mail adalah Suatu layanan dimana Email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang lain. Layanan ini cocok digunakan bagi mereka yang suka bergonta ganti Email. Intinya forward mail berfungsi sebagai perantara antara satu Email dengan Email lainnya
  3. Web Mail adalah Email yang hanya bisa diakses dengan membuka laman web penyedia layanan Email tertentu. Karena aksesnya hanya membutuhkan laman web maka web mail bisa diakses dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.


Perkembangan Internet
  1. Broadband
    Orang Amerika masih menggunakan dial-up modem untuk mengakses internet. Namun dial-up modem ini kurang efektif untuk melihat video melalui internet. Jawaban dari masalah tersebut adalah broadband. Broadband mengacu pada salah satu dari beberapa cara untuk terhubung ke internet yang membawa informasi berkali-kali lebih cepat daripada dial-up modem.
  2. The wireless web
    Bahasa yang lebih umum dari wireless web adalah WiFi. Wireless web akan menjadi tren yang akan lebih cepat berkembang, penggunanya pun jauh lebih banyak dibandingkan dengan Broadband. Pada tahun 2003 ada 15 juta laptop dan 22 juta handphone yang mengakses internet menggunakan wireless web. Sudah sangat banyak juga lokasi atau tempat-tempat publik yang memasang atau menggunakan wireless web sebagai salah satu fasilitas untuk pengunjungnya.
  3. Streaming video
    Orang-orang yang beralih ke broadband akan membuat streaming video menjadi lebih populer. Banyak orang yang lebih suka menonton video streaming dari pada menonton acara di televisi karena video di dalam internet lebih beraneka ragam dan tidak terdapat iklan didalamnya terlebih lagi dengan adanya broadband membuat mengakses video di internet menjadi lebih cepat.
  4. Microcasting
    Seseorang menampilkan streaming video ketika mereka sedang menjalani sebuag acara untuk mempermudah orang lain ikut melihat bagaimana acara itu berjalan, contohnya sebuah sekolah yang melakukan kegiatan camping, orang tua siswa tidak diperbolehkan mengikuti acara tersebut, namun agar para orang tua tetap dapat memantau apa yang dilakukan oleh anak-anak mereka maka pihak sekolah akan membagikan video kegiatan yang sedang mereka jalani dan orang tua dapat melihatya melalui streaming video tersebut.





Quizlet:

1. Apa yang dimaksud dengan World Wide Web (WWW)?

World Wide Web merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk seluruh bagian internet yang dapat diakses pengguna melalui web browser (internet explorer,google chrome, Mozilla, dll)

2. Siapa orang pertama di Indonesia yang melakukan koneksi internet?

Joseph Luhukay

3. Tahun berapa Joseph Luhukay melakukan koneksi Internet untuk pertama kalinya?

1983

4. Jaringan Internet apa yang dikembangkan oleh Joseph Luhukay?

UINet (University of Indonesia Network)

5. Apa yang dimaksud dengan Pop Mail?

Jenis email yang hanya dapat diterima dari internet service provider yang digunakan.

6. Bagaimana cara masyarakat untuk mengatasi situs-situs di internet yang dapat merusak moral?

Melalui kolom pengaduan yang disediakan dalam situs resmi Kominfo. Masyarakat bisa menuliskan situs dengan konten negatif tersebut di kolom pengaduan Kominfo dan semakin banyak yang mengadukan maka situs tersebut akan segera ditutup

7. Bagaiamana cara untuk mengatasi implikasi sosial yang ditimbulkan internet dalam bidang “lack of gate keeper”?

Pemerintah dapat memblokir situs-situs yang menyebarkan konten hoax dan menangkap para pelaku penyebaran hoax, selain itu sebagai pengguna internet kita harus bisa membedakan mana konten hoax dan mana yang benar, oleh sebab itu sebaiknya kita mencari informasi melalui situs resmi yang kredibel.

8. Bagaimana cara mengatasi cybercrime?

Masing-masing negara memiliki kebijakan dan peraturan masing-masing mengenai bagaimana cara mengatasi dan menghukum pelaku yang melakukan cybercrime

9. Apa cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir tersebarnya data pribadi kita di internet?

Lebih selektif dalam mengisi data-data pribadi kita di situs internet

10. Mengapa kecepatan internet di Indonesia lambat bila dibandingkan dengan negara lain?

Karena, pihak yang mengembangkan dan membangun internet di Indonesia adalah pihak perusahaan swasta seperti Telkom, Indosat dll dan bukan pemerintah, karena itulah harga kuota internet mahal aga perusahaan tersebut bisa mendapat untung. Selain itu Indonesia memiliki wilayah yang jauh lebih luas dan jumlah penduduk yang banyak dibandingkan negara lain.

11. Apa nama riset yang memulai sejarahnya internet?

   Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET

12. Siapa dua orang ahli komputer yang mempresentasikan cikal bakal internet?

   Vinton Cerf dan Bob Kahn

13. Siapa ISP pertama yang berdiri di Indonesia?

   PT Indo Internet atau PT INDONET

14. Sebutkan ISP lain selain PT Indonet di Indonesia !

PT Rahardjasa Internet (Radnet) tahun 1995, IndosatNet pada tahun 1996, dan  Telkomnet pada tahun 1998

15. Sebutkan jenis jenis email!

   Pop mail, forward mail dan web mail

16. Apa itu forward mail?

Suatu layanan dimana Email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang lain. Layanan ini cocok digunakan bagi mereka yang suka bergonta ganti Email. Intinya forward mail berfungsi sebagai perantara antara satu Email dengan Email lainnya

17. Apa itu web mail?

Email yang hanya bisa diakses dengan membuka laman web penyedia layanan Email tertentu. Karena aksesnya hanya membutuhkan laman web maka web mail bisa diakses dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.

18. Apa saja sumber untuk mengakses broadband?

Ada 3 sumber yaitu :
Satellite
Ceble modem
Digital subscriber live (DSL)

19. Kenapa orang-orang yang menggunakan broadband lebih suka menonton streaming video daripada menonton acara di televisi?

karena video di dalam internet lebih beraneka ragam dan tidak terdapat iklan didalamnya terlebih lagi dengan adanya broadband membuat mengakses video di internet menjadi lebih cepat.

20. Sebutkan dan jelaskan dua macam e-commerce!

yang pertama dimana perusahaan menjual barang atau jasa ke pada consumen dan yang kedua disebut B2B atau e-bussiness dimana perusahaan menjual produknya kepada perusahaan lain




Sekian dulu dari kita ya sahabat gemes. Salam Gemes :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

MEDIA DAN BUDAYA

Pemahaman Literasi Digital