Cara Menjaga Privasimu Saat Menggunakan Media Sosial


Image result for media sosial privacy

Hai sahabat gemes.. tau gak kasus baru-baru ini tentang facebook? kasus ini diberi nama "Cambridge Analytica" jadii kasusnya Marck Zuckerberg memberikan data-data pribadi sebanyak lebih dari 80 juta pengguna facebook! dan data pribadi ini pun disalahgunakan konsultan politik dari Donald Trump hingga Trump bisa menang dalam pemilihan presiden, Ngeri banget kan kalau sampai data pribadi kita tersebar, nah makanya kami akan memberi tahu kalian nih cara-cara menjaga privasi kita di media sosial.

Jaman sekarang ini, mana ada sih anak muda yang tidak kecanduan bermain media sosial? Setiap kegiatan atau suasana hati rasanya bakal kurang lengkap kalau tidak di-update di medsos. Tapi lebih baik kalian menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Salah satu hal yang utama adalah selalu melindungi privasimu! Nah begini cara untuk melindungi privasimu :

1.Batasi Pencantuman Profil Pribadimu
Batasi penggunaan dan pencantuman mengenai profil pribadimu di sosial media. Sangat tidak dianjurkan untuk mencantumkan informasi pribadi berupa data nomor handphone atau mungkin nomor identitas. Ingat ya, ini sosial media bukan daftar riwayat hidup.


Related image

2.Selektif Dan Kenali Benar Siapa Yang Ada Di Media Sosial Kamu
sebaiknya lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih teman, terlebih lagi jika itu di media sosial. Kenali baik-baik jika ada yang meminta pertemanan di media sosial-mu. Jika memang mengenalnya dan merupakan teman lama, tidak apa-apa kalau untuk sekedar bernostalgia. Namun, bila tidak mengenalnya sama sekali, dan tidak ada hubungan dengan teman lainnya, sebaiknya hati-hati dan selektif.

3. Percakapan Seperlunya
Batasi percakapan seperlunya dalam menggunakan sosial media, baik itu percakapan dalam chatting atapun comment. Hindari Hal-hal sensitif lainya jika ada teman di medsos yang memang belum terlalu kamu kenal tiba-tiba menanyakan secara detail tentang data prbadi.

Image result for playing phones

4. Jangan Berikan Informasi Pribadi
Jangan memberikan informasi pribadi akun sosial media kepada orang lain. Misalnya memberitahukan tentang password akun sosial media loopers. Walaupun itu merupakan teman atau pacar sekalipun, kita tidak pernah tau pastinya ada sebuah niat maupun keisengan dari mereka.

5.Jangan Mengumbar Amarah di Media Sosial
Emosi boleh, tapi tidak harus juga kamu publiskasikan di Facebook atau Twitter. Karena dari amarah pun mungkin secara nggak sadar bisa mengeluarkan “unek-unek” yang selama ini dipendam. Kalau terlalu sering melakukan ini, bisa diartikan kalau kamu masih kurang dewasa dalam mengendalikan emosi sekaligus memanfaatkan media sosialmu.

Related image

6. Kendalikan Dan Batasi Curhat di Media Sosial
Ingat ya teman-teman Media sosial bukanlah buku diary kamu. Hal apapun yang Loopers tulis menyangkut kehidupan pribadi kamu dan jika kemudian dibagikan, bisa menjadi konsumsi publik.


Sumber : Master. 2017. 6 Cara Menggunakan Media Sosialmu dengan Benar dan Baik, Agar Privasimu terjaga!. Diakses dari: http://loop.co.id/articles/6-cara-menggunakan-media-sosialmu-dengan-baik-dan-benar-agar-privasimu-terjaga pada 13 Februari 2018


Komentar

  1. Makasiih tipsnyaa

    BalasHapus
  2. samasamaa sahabat gemees, semoga bermanfaat yaa

    BalasHapus
  3. kak kalo membatasi pencantuman pribadi di profil sosmed kita, chat seperlunya, dll, itu apa gak menghambat upaya orang kalo misal mau kenalan lewat sosmed?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo hen, maksud dari chat seperlunya adalah tidak memberi tahu info-info pribadi kita ke sembarang orang. Apabila ada yang mengajak berkenalan kita bisa membahas dan bertukar sebatas nama dan informasi dasar lainnya :)

      Hapus
  4. Bahasannya menarik dan sangat membantu dalam kehidupan sehari hari

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

MEDIA DAN BUDAYA

Pemahaman Literasi Digital