Kuy Kenalan Lebih Jauh dengan Media Sosial




Haloo, selamat datang di postingan pertama blog kami..
Blog ini akan membahas berbagai macam tentang media sosial, yaps media yang sehari-hari tidak pernah lepas dari kehidupan kita ini ternyata memiliki berbagai macam hal yang bisa dibahas lebih jauh lagi looh! yuk kita mulai membahasnya mulai dari pengertiannya terlebih dahulu..

Media sosial adalah sebuah media yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini jelas sekali kita rasakan sebagai pengguna setianya kan sobat? naah tau kah kalian kalau ternyata media sosial terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

1.       Social Network
Social network adalah jenis media sosial yang berfungsi unutk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, contohnya seperti Facebook,Twitter, Instagram
2.       Discuss Network
Merupakan jenis media sosial yang berfungsi untuk melakukan obrolan dan diskusi, contohnya google talk,yahoo massenger, skype
3.       Share Network
Merupakan media sosial yang digunakan untuk berbagi file, video, musik, dll. Contohnya youtube.

Keuntungan yang diciptakan oleh media sosial bagi para penggunanya :
  1. Terhubung keseluruh dunia, hal ini berhubungan dengan pengertian media sosial tadi yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga para pengguna media sosial dapat berinteraksi dan menerima info dari seluruh dunia
  2. Terjalin komunitas, hal ini dapat terjadi karena tidak adanya batasan dalam berinteraksi di media sosial, kita bisa bertemu dan mencari orang yang memiliki kesamaan hobi atau hal yang ita sukai dan mulai menjalin hingga membentuk suatu komunitas.
  3. Berbagi informasi secara realtime, jika terjadi suatu fenomena atau peristiwa penting maka informasi itu bisa langsung disebarkan dan dikabarkan saat itu juga.
  4. Terciptanya peluang bisnis online, selain menjadi hiburan dan ladang informasi, kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai peluang usaha nih temanteman.


Walaupun media sosial memberikan kita berbagai macam keuntungan tapi tetap saja ada dampak negatif yang ditimbulkan yaitu:
  1. Menjadi lupa waktu. Dampak negatif yang paling sering kita hadapi nih, tidak jarang kan kita terlalu asik mengakses media sosial hingga lupa waktu bahkan waktu tidur sampai berkurang karena terlalu asik dengan media sosial yang kita gunakan. 
  2. Meningkatnya tingkat kejahatan. Kejahatan yang dimaksud disini seperti kasus media sosial yang di hack dan pelakunya menggunakan media sosial korbannya untuk menyebarkan konten-konten negatif yang merugikan korban, selain itu maraknya kasus penculikan yang berawal dari perkenalan di facebook  juga menjadi salah satu kejahatan yang ditimbulkan media sosial.
  3. Cyber bullying. Pernah gak teman-teman menghina seseorang melalui internet? Hal yang biasa kita anggap sebagai "nyinyir" ini ternyata termasuk dalam cyber bullying loh gais! banyak orang justru dengan mudahnya menghina orang lain melalui media sosial karena beranggapan orang tersebut tidak akan tahu identitas asli kita, atau mereka merasa aman bila mengatakan melalui internet karena tidak berhadapan langsung dengan korbannya.
  4. Meningkatnya penipuan online, hal ini berhubungan dengan keuntungan media sosial yaitu online shop, sayangnya banyak oknum jahat yang menggunakan online shop bukan sebagai ladang usaha melainkan sebagai media untuk menipu orang, kebanyakan kasusnya korban telah mentransfer sejumlah uang yang sudah disepakati namun barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan yang diharapkan atau bahkan produk tersebut tidak dikirimkan dan sang penjual alias penipu tidak dapat dihubungi lagi seolah hilang ditelan bumi..
Naah, itu dia beberapa pemahaman dasar tentang sahabat yang sehari-hari menemani kita ini. Ada banyak hal baik yang dapat diberikan media sosial, namun tetap ada dampak negatif yang ditimbulkannya, sehingga pesan admin adalah, Jadilah pengguna media sosial yang cerdas dan berkualitas! gunakan media sosial untuk menebar manfaat bagi orang lain! :)





.

Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=H2eYZfmZc70

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

MEDIA DAN BUDAYA

Pemahaman Literasi Digital