Benang Kusut Dibalik Layar Kaca


Hai sahabat gemes (Generasi Media Sosial)...
Sekarang kita ingin mengajak kalian untuk masuk ke dunia tv..
Kalian tahu ga asal mulanya tv? Nah bagi yang belum tahu, kita kasih tahu sekarang ya..



Sumber : https://holiczone.files.wordpress.com/2012/05/tv.jpg


Pada tahun 1952, Menteri Penerangan, Maladi memberikan gagasan untuk mendirikan stasiun televisi di Indonesia. Namun pada saat itu jumlah masyarakat yang memiliki pesawat televisi tergolong masih sedikit dan bangsa Indonesia memerlukan stasiun televisi nasional. Lalu pada bulan Agustus tahun 1962, dibentuklah stasiun televisi yang diberi nama Televisi Republik Indonesia (TVRI). Karena masih banyak masyarakat yang tidak memiliki televisi, pemerintah memberikan program pembagian 10000 pesawat televisi pada pegawai negeri. 1981 presiden soeharto tidak mengizinkan adanya tayangan iklan yang tdiak berhubungan dengan pembangunan bangsa, karena seoharto tidak ingin masyarakat indonesia menjadi masyarakat yang konsumerisme.

Setelah mengalami perubahan dari tahun ke tahun dan muncul berbagai stasiun tv swasta. Kemudian munculah televisi digital yang berbeda dari televisi analog. Televisi analog dirancang untuk berfokus pada suara, tetapi tidak efisien untuk data, banyak terdapat noise, rentan terhadap kesalahan (error), kecepatan yang relatif rendah, dan overhead yang tinggi. Sedangkan televisi digital dirancang untuk berfokus pada data dan suara, kecepatan yang tinggi dan overhead yang rendah.

85% dari negara lain sudah men-switch off kan TV analog dan beralih ke TV Digital, untuk mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin menginginkan hal praktis. Perindustrian indonesia dapat lebih maju bila tv analog di switch off kan dan dialihkan ke tv digital, tetapi hal tersebut belum 100% terealisasikan. Sekarang ini, TV analog dapat diubah ke tv digital memakai konverter. Karena harga konverter yang cukup mahal, Pemerintah telah bekerjasama dengan anak SMK untuk menurunkan harga konvertor berkisar pada harga 85.000-175.000 rupiah, selain itu pemerintah akan membagikan 15.000 konvertor gratis kepada masyarakat yang kurang mampu khususnya masyarakat di pedalaman.

Beralihnya menggunakan TV digital, karna tidak membuat masyarakat bosan dengan siarannya tv yang itu-itu saja, dan siaran yang gambarnya jelek, sedangkan kalau berpindah ke tv digital, variasi program yang menarik dan banyak, dan siaran gambar yang berkualitas. Oleh karena pemerintah mencanangkan program agar semua masyarakat indonesia untuk bermigrasi dari tv analog ke tv digital, dengan target siaran tv analog dihapus tahun 2018 ini.

Sekian penjelasan dari kami ya.. Jangan lupa untuk segera pindah ke siaran tv digital untuk membantu program pemerintah.. Salam Gemes 😊

Qizlet:

1. Siapa pencipta TV ?
-John Loggie Baird
2. Apa kepanjangan NBC?
- National Broadcasting Company
3. Siapa penemu NBC?
- Philo Farnswort
4. Kapan TVRI dibentuk?
- Pada Agustus 1962
5. Sebutkan 2 stasiun TV swasta yang kamu ketahui
- RCTI, SCTV
6. Sebutkan kekurangan TV analog !
- kualitas gambar dan suara kurang, rentan terjadi kesalahan, banyak gangguan, overhead tinggi
7. Sebutkan kelebihan TV digital !
- kualitas gambar dan suara bagus dan tajam, kecepatan tinggi,
8. Sebutkan perbedaan TV analog dan digital !
- sistem analog semakin jauh dari stasiun pemancar televisi sinyal akan melemah dan gambar menjadi buruk, sedangkan pada sistem digital tidak terpengaruh jauh dekat stasiun pemancar
9. Apa 3 pemikiran dasar terbentuknya TVRI ?
- yang pertama kampanye pemilu pertama pada 1955 yang menguntungkan pemerintah, yang kedua menempa persatuan nasional lewat pendidikan dan yang ketiga momen Asian Games
10. Mengapa Soeharto tidak mengijinkan stasiun TV menayangkan iklan?
- agar TV fokus dalam menerapkan atau membantu pembangunan nasional, serta dengan adanya iklan membuat masyarakat menjadi konsumerisme
11. Berapa kisaran harga konverter di Indonesia?
- Rp 85.000,00 hingga Rp 175.000,00
12. Apa manfaat TV digital bagi masyarakat?
-Masyarakat akan mendapat kualitas gambar dan suara yang jauh lebih bagus dan program siaran tv yang lebih beragam.
13. Apa manfaat TV digital bagi broadcaster?
- para broadcaster dapat lebih berfokus pada pembuatan dan penayangan program siarannya
14. Dengan adanya Tv digital apa tantangan dan konsekuensinya bagi profesi dibidang komunikasi?
-Harus lebih kreatif untuk menciptakan program yang menarik dan berpendidikan dan harus siap bersaing dengan chanel luar yang akan masuk dalam program siaran tv indonesia nantinya.
15. Sebutkan contoh penyedia jasa konverter berbayar!
- Indovision, okevision
16. Mengapa pada masa awal pembuatannya, TV kurang medapat sambutan dari masyarakat?
- Karena TV memiliki harga yang mahal dan belum memiliki banyak program acara
17. Kapan TV mulai berkembang dan mendapat sambutan dari masyarakat?
- Setelah perang dunia kedua tahun 1945
18. Apa lembaga pelindung penyiaran TV di Amerika?
- Federal  Communication Commision
19. Apa lembaga yang mengawasi penyiaran TV Indonesia?
- Komisi Penyiaran Indonesia
20. Apa salah satu penyebab program migrasi TV analog ke Digital belum terrealisasikan hingga sekarang?
- Bila harus merubah analog ke digital maka pemilik perusahaan TV harus menginstal ulang alat-alat dan sistem mereka yang membutuhkan investasi ulang dan dana triliunan rupiah.

Komentar

  1. kira2 TV apa yg masih axis di Indonesia yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo gracia, kalau di Indonesia sendiri kebanyakan TV yang digunakan masih berupa TV analog oleh karena itu pemerintah sedang mengupayakan perubahan TV analog ke TV digital untuk masyarakat Indonesia :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

MEDIA DAN BUDAYA

Pemahaman Literasi Digital