8 Minggu untuk Merancang Instagram





Instagram merupakan salah satu media sosial yang sedang hits digunakan oleh masyarakat terutama kaum muda, tapi tahukah kalian kalau instagram hanya membutuhkan waktu 8 minggu saja untuk dirancang?

Aplikasi Instagram dirancang oleh Kevin Systrom, yang pada saat itu bekerja dalam bidang marketing untuk aplikasi penunjuk arah kereta bawah tanah beas AS bernama Nextstop. Sebelum merancang aplikasi instagram Systrom menciptakan sebuah aplikasi bernama “Burbn”, prototype dari aplikasi Burbn ini awalnya hanya disebarkan Systrom kepada beberapa temannya hingga akhirnya Systrom bertemu dengan perusahaan moda; Baseline Ventures dan Andreessen Horowitz yang bersedia memberikan modal pendanaan untuk mewujudkan aplikasi ini menjadi nyata.

Selama mengerjakan aplikasi ini Systrom mendapat bantuan dari Michel Krieger yang juga menjadi salah satu pendiri aplikasi Instagram nantinya. Dengan gagasan dan dana yang mencukupi mereka pun berhasil membuat Burbn menjadi bisnis nyata yang dapat diakses melalui iOS dan memiliki beberapa fitur seperti memposting gambar dan check-in, namun menurut Systrom dan Krieger aplikasi ini memiliki terlalu banyak fitur sehingga mereka memutuskan untuk merancang ulang aplikasi ini dan memusatkan pada satu fokus yaitu kamera.

Setelah perancangan ulang, aplikasi Burbn pun berganti nama menjadi Instagram dan dirilis pada tahun 2010. Instagram pun menjadi aplikasi berbasis fotografi yang menjulang kesuksessan tinggi, salah satu bukti nyatanya pada akhir Desember 2010 Instagram langsung memiliki lebih dari satu juta pengguna. Menurut Systrom dan Krieger , Instagram seolah hanya membutuhkan waktu delapan minggu saja untuk dirancang, namun perlu waktu selama satu tahun untuk mewujudkannya.


Popularitas Instagram pun semakin bertambah dari tahun ke tahun, hal ini didukung oleh tim pengembang Instagram yang terus menambah berbagai macam fitur yang menarik minat para penggunannya seperti hashtag,filter foto, dan fitur yang paling banyak menarik minat yaitu Instagram stories yang telah digunakan oleh 300 juta orang di seluruh dunia.



Sumber : 
Maulida, Lely. 2017. OKEZONE INNOVATION: Menilik Sejarah Instagram yang Sempat Dinilai 'Berantakan'. Diakses dari: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Cetak

MEDIA DAN BUDAYA

Pemahaman Literasi Digital